Berita Terbaru

Tampilan Kesenian Multi Etnis pada Acara Festival Keraton Nusantara X di Pangkalan Bun

Tim Kesenian Kesultanan Deli mengikuti acara Festival Keraton Nusantara X di Istana Kuning, Pangkalan Bun pada tanggal 9 - 12 Oktober 2016, dengan menghadirkan kesenian multi etnis persembahan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Pada Acara yang dihadiri oleh para raja dan sultan nusantara dan mancanegara itu Tim Kesenian Kesultanan Deli menampilkan tarian multi etnis yang mengambarkan keharmonisan hubungan Kesultanan Deli dengan masyarakat Kota Medan yang multi etnis dan multi kultural. Tampilan tersebut berhasil memikat perhatian hadirin serta mendapatkan applause yang meriah dan mengajak hadirin ikut bergabung.

 

Kemudian Tim Kesenian Kota Medan juga menampilkan tarian dalam rangka promosi kebudayaan Kota Medan di Hotel Grand Kecubung, Pangkalan Bun. Penampilan berupa tari-tarian yang terdiri dari :

  • Tari patam-patam, tarian pencak silat oleh 3 orang penari pria untuk menyambut para tamu.
  • Tari persembahan dari etnis Melayu.
  • Tari serampang dua belas dari etnis Melayu.
  • Tari nelayan jala dari etnis Melayu.
  • Tari balun-balun bide dari etnis Mandailing.
  • Tari zapin kadih dan budi dari etnis Melayu, dan
  • Tarian "Anak Medan"

Tampilan ini juga mendapatkan sambutan yang meriah dari para tamu dan dihadiri oleh Raja Kutai, Keraton Solo, Kesultanan Palembang, Kesultanan Bau-Bau dan juga Kesultanan Deli. Di akhr acara, seluruh pengunjung diajak untuk menari bersama, foto bersama serta pembagian souvenir dan cenderamata.

 

     

 

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

-- Dra. Naimah Mardhiah Matondang --

Plt. Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual