Berita Terbaru

Panggung Hiburan Rakyat Kembali Digelar dengan Budaya Jawa

Pemerintah Kota Medan akan kembali menyelenggarakan kegiatan Panggung Hiburan Rakyat di sekitar kawasan Lapangan Merdeka Medan, tepatnya di jalan Bukit Barisan pada Sabtu (29/10) nanti.

Pada rapat evaluasi dan pemantapan yang dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Drs. Hasan Basri, MM di ruang rapat II Kantor Walikota Medan Rabu (26/10) ini mengagendakan tampilan kesenian dan budaya dari etnis Jawa untuk mengisi kegiatan Panggung Hiburan Rakyat pada Sabtu (29/10) akhir pekan ini.

 

Kegiatan Panggung Hiburan Rakyat kali ini akan didukung oleh Perhimpunan Wargo Jowo (Pendowo). Pendowo akan menampilkan ragam seni yang berasal dari Jawa serta yang tumbuh di rantau di antaranya Campur Sari, Food Bazar, Fashion Show Budaya Jawa, dan lomba mewarnai, yang akan dimulai sejak pukul 02.00 sore.

Pada paparannya, Ketua Dewan Kesenian Medan (DKM), Rianto Aghly, SH mengatakan akan turut menghadirkan dalang kembar dari Solo, Ki Jarot Sumarno dan Ki Jarot Sutoto untuk mengisi pagelaran wayang kulit pada malam harinya dan pagelaran Wayang Orang persembahan Ki Barong Muliono.

“Menghadirkan kesenian Jawa asli dengan punggawa adiluhung dari daerah asal dimaksudkan menunjukkan pada generasi muda dan keluarga besar berdarah Jawa yang ada di Sumut khususnya Medan semakin harmonis guna menguatkan budaya nasional,” kata Rianto.

Seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat menghadiri Panggung Hiburan Rakyat ini, selain sebagai upaya melestarikan seni dan budaya bangsa, juga untuk mempererat tali silaturahim baik kepada warga Jawa maupun etnis lainnya.

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual