Berita Terbaru

Pertunjukan Wayang Kulit Ramaikan Panggung Hiburan Rakyat

Para pengunjung Lapangan Merdeka Medan, termasuk sejumlah turis mencanegara  ramai menyaksikan pagelaran wayang orang dan wayang kulit yang mengisi pertunjukan panggung hiburan rakyat di Jalan Bukit Barisan, Lapangan Merdeka Medan), Sabtu Malam (29/10/2016).

 

Dalang kembar dari Solo, yaitu Ki Jarot Sumarno dan Ki Jarot Sutoto sengaja diundang untuk mengisi pagelaran wayang kulit dengan lakon Pandawa Sanga. Pertunjukan yang berlangsung semalam suntuk ini mendapat apresiasi penuh dari pengunjung, sebab mampu mengobati kerinduan akan seni dan budaya tradisional Jawa. 

 

Selain wayang kulit, Panggung Hiburan Rakyat yang turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara,  H.T. Erry Nuradi, S.E., M.Si., Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si,. Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution, M.Si dan Bupati Serdang Bedagai, Ir. H. Soekirman ini diramaikan juga dengan campur sari dan pertunjukan wayang orang dengan lakon Gatot Kaca Gambrengan. Malam itu para pengunjung  yang tidak hanya didominasi oleh suku Jawa menyaksikan Panggung Hiburan Rakyat merasa seperti berada di Pulau Jawa.

Sebelumnya, pada sore hari acara juga diisi dengan perlombaan mewarnai tingkat SD, lomba fashion show budaya Jawa tingkat SMU, dan lucky draw. 

 

     

 Wali Kota Medan mengucapkan terima kasih karena Pendowo (Perhimpunan Wargo Jowo) Kota Medan yang telah mengisi panggung hiburan rakyat yang diberi nama Gebyar Suroan Pendowo, hal itu merupakan bentuk kecintaan masyarakat Jawa yang ada di Kota Medan terhadap seni dan budaya sekaligus melestarikannya, serta membentuk jati diri dan potensi masyarakat Jawa, khususnya yang ada di Kota Medan, apalagi pertunjukan wayang yang disajikan ini merupakan seni pertunjukan tradisional yang sudah menjadi identitas sosial masyarakat Jawa.

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

-- Dra. Naimah Mardhiah Matondang --

Plt. Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual