Berita Terbaru

TTI Expo Jadi Peluang Tukar Investasi Antar Daerah

Beritasumut.com-Kemajuan produk-produk kerajinan dari satu daerah tidak terlepas dari upaya untuk promosi dan saling bertukar peluanginvestasi antara masing-masing daerah di Indonesia. Oleh karena itu, event Trade Tourism and Investment (TTI) Expo 2016 yang digelar di Ringroad City Walk (27-30/10/2016) sangat diharapkan dapat mendongkrak produk-produk lokal.

 “Even ini kita harapkan dapat memperkenalkan produk-produk unggulan di bidang kerajinan, produk makanan dan minuman, tempat wisata juga memberikan informasi tentang peluang investasi dari masing-masing daerah di Indonesia,” ujar Asisten Ekbang Setdaprovsu, Binsar Situmorang saat membuka Medan Trade Tourism and Investment (TTI) Expo 2016, Kamis (27/10/2016).

Dijelaskan Binsar, dengan even ini harusnya produk–produk lokal dari masing-masing daerah dapat menjadi komoditas yang mampu bersaing baik di pasar domestik maupun internasional. “Saya imbau kepada para pelaku industri dan usaha kreatif untuk terus meningkatkan ide, kreasi dan inovasi baru sehingga dapat dikontribusikan untuk peningkatan kualitas produk di pasar domestik dan pasar global,” kata Binsar.

Apalagi diyakini Binsar, industri dan usaha di sektor pariwisata selama ini merupakan penopang kekuatan perekonomian di daerah. Oleh karena itu segala potensi di bidang ini harusnya di dukung mulai dari produksi, pemasaran hingga pelayanan purna jual.“Sekarang tantangan kita sudah global, oleh karenanya kami pemerintah juga harus terus bekerja keras untuk menghasilkan kebijakan untuk memperkuat perekonomian dan kami berupaya untuk memberikan keberpihakan pada industry dan sektro usaha,” terangnya.

Salah satu kemudahan yang saat ini diberikan pemerintah di bidang usaha, lanjut Binsar adalah pelayanan perizinan yang terbuka dan cepat sehingga dapat menciptakan bisnis yang lebih efisien dan terbebas dari biaya ekonomi yang tinggi.“Sekarang ini saingan kita bukan lagi antar daerah, tapi di era globalisasi ini saingan kita semakin terbuka, berbagai produk dan tempat wisata dari negara lain yang akan menjadi saingan kita,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Binsar juga mengatakan satu hal yang paling penting segala produk usaha lokal dari masing-masing daerah haruslah mendaftarkan dan mempromosikan merek atau brand nya. Sebab, di era pasar bebas seperti saat ini, kalau lengah maka hasil karya dan kreativitas anak bangsa bisa saja seketika dipatenkan oleh bangsa lain.

Direktur Utama PT Aira Mitra Media sebagai penyelanggara TTI Expo 2016, Nurhadi mengatakan, pameran ini merupakan kegiatan roadshow yang dilakukan di enam kota besar di Indonesia, dan Medan merupakan kota ke-4 setelahnya even yang sama akan digelar di Bali dan Batam.“Kami konsisten untuk membantu pemerintah dari masing-masing kabupaten/kota untuk mempromosikan potensi pariwisata, perdagangan dan investasi,” ujar Nurhadi.

Dikatakan Nurhadi, even ini bertujuan agar masing-masing daerah dan provinsi dapat saling mengenal sehingga dapat saling bertukar informasi tentang peluang dagang di antara masing-masing daerah.”Di sini kita berupaya untuk mempertemukan pengusaha di antara masing-masing daerah sehingga bisa saling menjajaki potensi dan kerjasama di bidang pariwisata, dagang juga investasi,” paparnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini turut memamerkan produk-produk lokal dari berbagai daerah seperti dari Jepara, Semarang, Flores dan lainnya.

Sumber :http://beritasumut.com/ekonomi/TTI-Expo-Jadi-Peluang-Tukar-Investasi-Antar-Daerah

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual