Berita Terbaru

KJRI Kuching beserta Pemko Medan Selenggarakan "Experience Indonesia Week"

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Sarawak-Malaysia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Medan mengadakan kegiatan "Experience Indonesia Week" 3-6 November 2016 di City One Megamall Kuching, Sarawak-Malaysia. Kegiatan ini berupa pameran produk-produk UKM Kota Medan disertai demo kuliner dan kerajinan khas Kota Medan serta penampilan kesenian Kota Medan.

 

Pada kegiatan tersebut Pemerintah Kota Medan mengirimkan delegasi pedagang dan pengrajin binaan dari Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kota Medan dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan serta tim kesenian binaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Konjen RI untuk Sarawak-Malaysia, Jahar Gultom menjelaskan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching sejak tahun 2013 telah melaksanakan berbagai upaya untuk mempromosikan produk Indonesia, juga pariwisata dan kesenian Indonesia.

Upaya tersebut antara lain dengan melaksanakan kegiatan pameran produk Indonesia yang digabungkan dengan promosi pariwisata Indonesia, dengan tujuan untuk meningkatkan volume ekspor Indonesia ke luar negeri, sekaligus juga mempromosikan produk-produk UKM dan objek-objek pariwisata, seni dan kebudayaan Indonesia khususnya Kota Medan serta untuk menjalin hubungan kerja sama antara Kota Medan dengan Negara Bagian Sarawak.

Pada kegiatan pameran tersebut ditampilkan berbagai produk berkualitas dari Kota Medan, antara lain batik Medan, kain tenun ulos Sumatera Utara, lukisan dari sabut kelapa, produk-produk kerajinan Batak, lukisan dari teh, makanan-minuman khas Sumatera Utara seperti Bika Ambon, dan Kopi Luwak yang terkenal dengan aroma khasnya.

 

     

Selain pameran UKM Kota Medan, dalam rangkaian kegiatan tersebut tim kesenian binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan juga mengadakan kunjungan dan pentas seni di beberapa tempat lain. Penampilan pertama di Sekolah Seni Malaysia Sarawak pada Kamis, (03/11/2016) di hadapan 319 murid serta pengajar sekolah tersebut. Penampilan para penari dan pemusik mendapat sambutan dan apresiasi yang tinggi dari para murid dan pengajar karena dinilai sangat artistik dengan persiapan yang matang, khususnya penampilan kontemporer perkusi.

Pada penampilan kedua, tim kesenian diberikan kesempatan untuk mengisi acara tampilan kesenian di Lundu, (06/11/2016).Pada penampilan kedua ini para penari dan pemusik juga mendapat sambutan dan apresiasi yang tinggi dari sekitar 5000 warga Malaysia yang sedang menonton Festival Regata Lundu atau disebut juga Pesta Lundu. Kegiatan Pesta Lundu itu sendiri merupakan ajang tahunan berupa perlombaan perahu di sungai Batang Kayan yang didukung penuh oleh Ketua Menteri Sarawak Tan Sri Adenan Satem.

     

Di kesempatan yang sama, perwakilan Pemerintah Kota Medan, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Drs. Hasan Basri, MM mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Konjen RI untuk Kuching karena memberikan kesempatan kepada pihaknya untuk memamerkan berbagai produk UMKM yang ada disana.

 

"Ini menjadi salah satu kesempatan yang sangat langka dan harus dimanfaatkan dengan baik. Makanya pada kesempatan ini kita mencoba memamerkan berbagai produk unggulan dan kesenian khas daerah kita agar menarik minat wisatawan, khususnya dari Malaysia untuk datang ke Medan," katanya.

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual