Berita Terbaru

Tarian 5 Etnis Isi Panggung Hiburan Rakyat

Panggung Hiburan Rakyat yang diprakarsai Pemerintah Kota Medan setiap minggunya terus menampilkan tarian adat dan kesenian daerah, seperti Sabtu (19/11) malam, di Jalan Bukit barisan, Tarian dari 5 etnis diantaranya Adat Melayu, Adat Karo, Adat Minang, Adat Dairi dan Adat Tapanuli Selatan mengisi kemeriahan dan memukau seluruh pengunjung yang hadir dipanggung tersebut.

 Penampilan pertama dibawakan dari adat Karo yakni tarian kacang goro yang dibawakan siswa SMK 1 Medan, selanjutnya tarian Lancang kuning yang berasal dari adat Melayu. Para penari nampak profresional melakukan gerakan tarian tersebut.

Selain penampilan tarian, panggung Hiburan Rakyat juga diisi penyanyi yang membawakan lagu - lagu dari daerah masing - masing. Kemudian tarian yang ditampilkan adalah tarian Tak Tontong yang berasal Adat Adat budaya Minang. Penampilan tarian ini berhasil memukau para pengunjung, tidak sedikit pengunjung ikut menari meniru gerakkan penari.

Selanjutnya penampilan Tarian Rere Mahere asal Tapanuli Selatan dan tarian asal Dairi yakni tarian Merjuma semakin membuat malam panggung Hiburan Rakyat yang dipadati ratusan pengunjung semakin meriah. Selain dapat menikmati seni dan tari, pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner khas Kota Medan.

Event yang rutin diadakan setiap akhir pekan ini dihadiri Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Pimpinan Bank Sumut dan Bank Sumut Syariah serta tokoh masyarakat Adat, serta masyarakat Kota Medan.

Wali Kota menjelaskan, even ini digelar dalam rangka menggeliatkan kembali pariwisata di Kota Medan. Di samping itu sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan, sekaligus mengajak masyarakat, terutama para generasi muda agar mengetahui bahwa seni maupun budaya dari seluruh etnis yang ada di Kota Medan masih tetap terjaga dengan baik sehingga mereka terpanggil untuk mencintai sekaligus melestarikannya.

“sebagai Kota Multikultural yang beragam budaya dan etnis serta Hidup berdampingan, moment ini diharapkan bisa membangkitkan kembali khasanah budaya kita. Dengan demikian para generasi muda kita akan mengetahui dan semakin mencintai seni dan budaya etnis-etnis yang ada di Kota Medan,” kata Wali Kota.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

-- Dra. Naimah Mardhiah Matondang --

Plt. Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual