Berita Terbaru

Disbudpar Kota Medan Gelar Sosialisasi Forum Tata Kelola Pariwisata (FTKP) Kota Medan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan menyelenggarakan kegiatan ”SOSIALISASI FORUM TATA KELOLA PARIWISATA (FTKP) KOTA MEDAN”, di Hotel Polonia Medan, Senin (19/12/2016)

 

Kota Medan, merupakan kota terbesar di Sumatera yang memiliki potensi pariwisata yang sangat layak diperhitungkan. Kota Medan terkenal di kalangan wisatawan sebagai salah satu kota destinasi wisata budaya, wisata heritage, wisata religi, wisata mice dan wisata kuliner. Namun  potensi tersebut belum terkelola secara optimal karena keterbatasan infrastruktur, aksesibilitas yang belum mendukung amenitas dan fasilitas pendukung pariwisata lainnya, dan juga disebabkan oleh belum optimalnya manajemen destinasi yang meliputi finansial, operasional, marketing, SDM dan inovasi.

Oleh karena itu diperlukan adanya perencanaan pengelolaan destinasi wisata yang baik dan berkelanjutan, perlu adanya koordinasi lintas sektoral dan kerjasama para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengembangkan sebuah daerah sampai layak menjadi destinasi wisata.

Hal inilah yang melatarbelakangi Pemerintah Kota Medan melalui Disbudpar Kota Medan menginisiasi kegiatan ini agar bisa mendapatkan pemikiran dari berbagai kalangan yang melibatkan unsur dunia usaha, masyarakat dan pemerintah dalam rangka mempercepat laju pengembangan pariwisata.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh stakeholder pariwisata Kota Medan, antara lain berasal dari unsur pemerintahan, pengelola usaha pariwisata, pengelola destinasi wisata, pekerja pariwisata, komunitas dan media dengan nara sumber :

  1. DR. Emrizal, S.Sos, MT, dari Akademi Pariwisata Kota Medan.
  2. Dra. Oneng Setya Harini, MM, selaku Asisten Deputi Tata Kelola dan Pemberdayaan Masyarakat.
  3. DR. Prayitno Basuki, MA, dari Regional Coordinator GIZ and Sustainable, Regional Economic Growth and Investment Project.

Acara sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Medan Bapak Ir. Akhyar Nasution, M.Si. Dalam sambutannya Bapak Wakil Walikota berharap agar seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Kota Medan menyadari dan sepakat bahwa sektor pariwisata itu sangatlah teramat penting dan pengembangan serta pengelolaan destinasi wisata harus dilakukan bersama-sama. sehingga nantinya destinasi wisata Kota Medan mempunyai daya saing yang berkelanjutan dan semua keuntungan ekonomi, kunjungan wisatawan, ekonomi kreatif dan pelestarian daerah wisata meningkat.

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual