Berita Terbaru

ANTUSIASME WARGA MEDAN SAKSIKAN PSB ETNIS NIAS

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar Panggung Seni Dan Budaya (PSB) secara rutin di akhir pekan. Event yang mengangkat kesenian daerah yang ada di Kota Medan ini menjadi alternatif keluarga untuk menghabiskan waktu diakhir pekan sebagai hiburan keluarga.

 

Panggung seni dan budaya (PSB) Kota Medan yang digelar Sabtu malam (30/9/2017) kembali mendapat respon positif dari masyarakat kota Medan terutama dari DPD HIMNI Sumatera Utara. Hal ini dapat terlihat dari antusias masyarakat yang menyaksikan pergelaran kesenian yang bertemakan ”Nias Pulau Impian Ya’ahowu” di Jalan Pulau Pinang.

Antusiasme masyarakat yang menyaksikan khususnya bagi masyarakat Nias yang tinggal di Medan, menjadikan ini sebagai pengobat rasa rindu akan kampung halaman, karena dalam PSB kali ini banyak menampilkan kesenian-kesenian khas dari Pulau Nias, Seperti Tari-tarian, Lagu khas Nias yang mampu menghipnotis para pengunjung untuk ikut bernyanyi, dan salah satu yang di tunggu oleh masyarakat kota medan dan masyarakat Nias yaitu atraksi atau tradisi yang khas dari Pulau nias adalah Lompat Batu atau Fahombo Batu.

Tradisi Lompat Batu adalah salah satu tradisi yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Tradisi ini biasanya dilakukan para pemuda dengan cara melompati tumpukan batu setinggi 2 meter dan setebal 40 cm untuk menunjukan bahwa mereka sudah pantas untuk dianggap dewasa secara fisik. Tradisi Lompat Batu ini merupakan salah satu tradisi yang cukup terkenal di Nias. Selain ditampilkan sebagai acara adat.

    

Panggung seni dan budaya (PSB) selain menampilkan atraksi kesenian juga terdapat stand-stand mobil klasik penjual makanan dan minuman yang tentunya harga yang terjangkau untuk kalangan kawula muda.

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual