Berita Terbaru

Kirab Budaya Tutup Rangkaian Acara Resepsi Bobby - Kahiyang

Rangkaian acara 'ngunduh mantu' pernikahan putri Presiden RI Kahiyang Ayu Siregar dengan Bobby Afif Nasution di Kota Medan, telah usai akhir pekan ini. Diawali dengan upacara adat “horja godang” yaitu penyembelihan kerbau pada hari Jumat (24/11/2017) ditutup dengan Kirab Budaya dan kemudian dilanjutkan dengan resepsi pernikahan, Minggu (26/11/2017). 

 Arak-arakan kirab dimulai dari Medan International Convention Center (MICC) Jalan Ringroad/Gagak Hitam menjadi titik start menuju tempat resepsi di Komplek Bukit Hijau Regency.

Walaupun acara kirab sedikit molor dari yang di jadwalkan namun atusias masyarakat pun sangat tinggi, terbukti mulai pukul 06.00 WIB warga mulai berdatangan ingin menyaksikan langsung kereta kencana membawa Bobby dan Kahiyang bersama Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi beserta rombongan keluarga.

Dengan pengawalan ketat dari pihak TNI dan Polri kirab akhirnya di mulai pukul 09.40 WIB. Kirab budaya di ikuti tujuh kereta kencana yang didatang kan langsung dari Solo, 17 andong yang di datangkan dari Berastagi, mobil hias dengan desain Tapanuli Selatan dan Melayu serta 68 Betor(Becak Bermotor) dan rombongan yang berpakaian adat.

Di barisan terdepan tampak menggunakan pakaian adat yang ada di Indonesia kemudian Tujuh kereta kencana yang diisi oleh kedua mempelai Kahiyang-Bobby di kereta pertama, lalu Jokowi, Iriana dan Kaesang di kereta kedua, orangtua Bobby, Ade Hanifah Siregar dan Doli S Siregar di kereta ketiga, dan Gibran-Selvi serta Jan Ethes putra mereka di kereta keempat.

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si bersama istri, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, iring - iringan andong ini juga membawa Pangkostrad Letjen TNI Edi Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Sumantri, Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpaw, Gubsu Ir. H. T. Erry Nuradi serta keluarga Bobby.

     

Selain itu dalam rombongan andong terlihat pembawa acara televisi multi talenta sekaligus fenomenal, Uya Kuya beserta keluarga mengikuti rombongan iring-iringan kereta kencana.

Prosesi kirab terasa semakin riuh ketika presiden Jokowi Membagikan sejumlah suvenir berupa goodie bag berwarna hitam yang dilemparkan ke arah warga yang berada di sekitarnya.

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual