Berita Terbaru

Pemko Medan akan jadikan sektor Ekonomi Kreatif sebagai daya tarik wisata ke Kota Medan

Dalam rangka menggulirkan Ekonomi Kreatif sebagai kekuatan ekonomi masyarakat Kota Medan, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata mulai melaksanakan maping/pendataan potensi ekonomi kreatif untuk mendukung promosi pariwisata Kota Medan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Medan.

Untuk mewujudkannya, dibutuhkan data yang valid dan akan dikualifikasikan menjadi potensi  unggulan. Dari hasil pendataan ini nantinya akan diperoleh kekuatan ekonomi kreatif Kota Medan dan akan dijadikan sebagai salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan ingin berlama-lama (Length of Stay) menikmati kreasi unik dari Kota Medan.

Perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan kedua sektor yang tidak dapat dipisahkan. Sektor itu merupakan salah satu motor penggerak dan dengan didukung teknologi digital yang mumpuni, kedua sektor tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Medan.

Kegiatan maping/ pendataan usaha ekonomi kreatif yang meliputi 16 sub sektor yaitu Aplikasi dan Pengembangan Game, Arsitektur dan Desain Interior, Desain Komunikasi dan Visual, Desain produk, Fashion, Film, Video Animasi, Photography, Kriya ( Kerajinan Tangan), Kuliner, Musik, Penerbitan, Periklanan, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Televisi dan Radio. Masing-masing Sub-sektor yang merupakan industri berbasis kreativitas di Indonesia berdasarkan pemetaan industri kreatif yang telah dilakukan oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

      

Hasil pendataan akan disusun kedalam buku yang isinya merupakan potensi ekonomi kreatif dan potensi unggulan di Kota Medan. Data potensi ekonomi kteatif tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bahan promosi pariwisata Kota Medan dan pelaku serta hasil produk unggulan yang sudah memenuhi standart dan mampu berkompetisi secara global akan diikutsertakan ke acara atau pameran yang akan diikuti oleh Dinas Pariwisata Kota Medan baik di dalam maupun di luar negeri.

Pelaksanaan pendataan dibagi dalam 7 (Tujuh) Tim yang masing-masing tim melaksanakan pendataan di 3 (tiga) Kecamatan dan pelaksanaan di lapangan berkoordinasi dengan Camat dan Lurah setempat. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Tupoksi Dinas Pariwisata Kota Medan sesuai Peraturan Walikota Medan No. 40 Tahun 2017. Selain pendataan tsb maka Dinas Pariwisata Kota Medan akan melakukan pendampingan hingga hasil produk mendapatkan HAKI dari instansi yang berwenang.

Kepada para pelaku ekonomi kreatif juga dimintakan peran sertanya untuk mendaftarkan usahanya ke Dinas Pariwisata Kota Medan. Dapat dilakukan secara langsung dengan datang ke kantor Dinas Pariwisata Kota Medan di Jln. H. M. Yamin SH. No. 40 Medan ataupun memberikan informasi melalui media sosial dengan alamat sbb:

Instagram : @pariwisatamdn

Twitter.    : @Disparmedan

Facebook. : Dinas Pariwisata Kota Medan

Website.   : Medantourism.com

Email.        : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual