Berita Terbaru

Taman Beringin Nan Asri Diminati Pengunjung

Masyarakat Kota Medan dimanjakan dengan sejumlah taman kota yang bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga secara gratis.

 Taman Beringin misalnya. Taman yang terletak di Jalan Cik Ditiro dan Jalan Sudirman, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia itu siap memanjakan pengunjungnya dengan suasananya yang asri.

Taman Beringin Kota Medan menjadi tempat favorit warga melepas penat. Berada tepat di samping Sungai Babura dan dikelilingi pepohonan yang rimbun, membuat pengunjungnya serasa berada di pedesaan, padahal, lokasi Taman Beringin itu berada di pusat Kota Medan.

"Kalau untuk melepas penat di saat kondisi tak ada uang, paling tepat lah main ke Taman Beringin ini. Karena, pengunjungnya sama sekali tak dipungut bayaran," ungkap M Rizal, warga Medan Tembung, Selasa (20/11/2018).

M Rizal merupakan salah satu dari ribuan masyarakat Kota Medan yang pernah berkunjung ke Taman Beringin yang menikmati suasana salah satu taman kota di Kota Medan itu.

Suasana Taman Beringin yang rindang itu juga layak dijadikan spot foto. Tidak heran bila kaum remaja milenial berselfie ria di taman kota itu.

Yang tak kalah menariknya, Dinas Pertamanan dan Kebersihan, selaku instansi yang bertanggungjawab di taman itu juga telah menyediakan mushola yang sangat bersih dan nyaman, karena di dalamnya sudah disediakan pendingin ruangan.

Tak pelak lagi, Taman Beringin banyak dikunjungi warga Kota Medan di saat sore hari. Bahkan, Taman Beringin itu pun me jadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan asing pun berkunjung ke Kota Medan.

Berdasarkan sejarah, Taman Beringin seluas 1,2 hektar itu memang diwariskan untuk dijadikan hutan kota untuk anak cucu.

Dalam buku sejarah 50 Tahun Kota Praja Medan (Dinas Penerangan Medan, 1959) mencatat, ada lima taman di Kota Medan diantaranya Lapangan Merdeka, Taman Kolam di Jalan Sisingamangaraja XII, kompleks Masjid al Mashun, Kebun Artja Pasar Merah (kompleks Teladan).  Kemudian dalam buku profil Pertamanan Kota Medan (2002) mencatat, 19 lokasi taman dan 104 titik yang ada di Kota Medan. Satu di antaranya Taman Beringin dengan luas 14.200 m2, oleh keputusan Gubernur Sumut Marah Halim pada April 1974 ditetapkan namanya, Taman Beringin.

Menurut pegiat Komunitas Taman Kota Medan, Miduk Hutabarat, Taman Beringin kemudian diperkuat Wali Kota Medan, Abdillah, dengan menerbitkan lagi Surat Keputusan (SK) Wali Kota Medan dengan No 522/043 tahun 2007, yang menetapkan Taman Beringin sebagai hutan kota seluas 1,2 hektare. Taman ini tepat berada di sisi Sungai Babura.

Kawasan Medan Polonia memang tidak bisa dilepaskan tata ruangnya dari sentuhan kolonial dan Eropa tempo dulu.  Menurut Miduk, sejarah terbentuknya struktur dan pola ruang inti kota Medan serta faktor geografis dan tofograpi mempengaruhi tata ruang.

"Kawasan itu satu-satunya daerah yang dibangun masyarakat Eropa dengan konsep Garden City. Pada 1863 itu sudah direncanakan dengan masterplan yang kuat. Makanya di sana masih sangat asri," paparnya. (Tim Media Dinas Pariwisata)

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual