Berita Terbaru

Soto Medan Bisa Disejajarkan Dengan Tom Yam Thailand dan Sushi Jepang

 

Siapa yang tak kenal dengan Soto Medan. Namanya sudah terkenal tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, namun juga wisatawan asing. Tidak heran bila Soto Medan menjadi ikon kota terbesar ketiga di Indonesia ini.

 Sama halnya dengan Tom Yam Thailand dan Sushi Jepang, yang menjadi ikon kuliner dari asal negaranya, nama Soto Medan juga sudah sangat melekat dengan nama ibukota Sumatera Utara ini dan menjadi kuliner yang paling dicari-cari 

wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan.
Di Kota Medan, terdapat sejumlah restoran yang menyediakan menu Soto Medan, namun restoran soto yang menjadi legendaris adalah Rumah Makan (RM) Sinar Pagi, Jalan Sei Deli, Medan.
 
Wajar saja, RM Sinar Pagi sudah beroperasi sudah lebih dari 50 tahun lalu dan sampai sekarang, RM Sinar Pagi masih sangat diminati para pecinta kuliner.
 
Bahkan, mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah mencicipi Soto Medan di RM Sinar Pagi itu.
 
RM Sinar Pagi menyediakan berbagai jenis soto diantaranya soto daging, soto ayam, soto paru, soto udang dan soto pergedel. Untuk memanjakan pengunjungnya, RM Sinar Pagi menyediakan menu soto campuran yang terdiri dari soto ayam, daging, paru dan lainnya.
 
Jam operasi mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB, itupun kalau belum kehabisan. Mengingat, jumlah pengunjungnya selalu membludak setiap harinya.
 
"Sebagai orang Medan, tidak bosan-bosannya saya makan disini. Citarasanya sangat khas. Itulah yang membuat saya ketagihan makan soto disini," ungkap M Ridwan, warga Medan Kota, beberapa waktu lalu.
 
Yang menjadi ciri khas citarasa Soto RM Sinar Pagi adalah kuah sotonya yang kental yang terbuat dari santan dicampur dengan rempah-rempah spesial. Untuk menambah citarasanya, juga disediakan sambal kecap.
 
Tidak heran bila banyak orang yang menyebutkan bahwa citarasa kuliner di Kota Medan itu ada dua macam yakni enak dan enak sekali. (Tim Media Dinas Pariwisata)

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual