Berita Terbaru

Balai Kota Medan, Gedung Bersejarah Asyik Untuk "Kongkow"

Mau mencari tempat "kongkow" yang asyik, dengan suasana tempo dulu, Gedung Balai Kota, Jalan Balaikota, Medan adalah jawabannya. Gedung peninggalan zaman Belanda ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu sembari menikmati kopi dan cemilan.
 
Gedung Balai Kota Lama yang berarsitektur Eropa yang dibangun pada 1906 oleh arsitek bernama Hulswit, masih berdiri hingga sekarang di tengah gedung-gedung bertingkat di Kota Medan. 
Arsitektur khas Eropa klasik terlihat kental pada bangunan balai kota ini. Didominasi warna putih, membuat bangunannya terlihat begitu anggun dan elegan.
Tidak heran bila Gedung Balai Kota Medan itu diminati oleh para pengunjung. Tidak hanya pengunjung dari Kota Medan, namun juga para wisatawan yang berasal dari luar Kota Medan, bahkan dari luar negeri.
 
"Setiap saya ke Medan, saya pasti singgah, sambil nongkrong di Gedung Balai Kota. Tempatnya asyik untuk nongkrong," ungkap wisatawan asal Jakarta, M Sofyan, Senin (26/11/2018).
 
Maklum saja, Gedung Balai Kota Medan kini dikelola oleh manajemen hotel bintang lima, Grand Aston City Hall, Medan yang berada tepat di belakang Gedung Balai Kota Medan itu.
 
Sebagai daya tarik pengunjung, di samping pintu masuknya terdapat pilar tinggi khas Yunani. Sedangkan jendelanya menggunakan lengkungan khas Romawi. Pada bagian atap bangunan juga terdapat menara jam yang sampai saat ini masih berfungsi dengan baik.
 
Dulunya bangunan ini merupakan gedung pertemuan bagi para petinggi Belanda. Setelah era kemerdekaan, dari tahun 1945 pada masa Walikota Luat Siregar hingga pada masa Walikota Haji Agus Salim Rangkuty, gedung ini dijadikan gedung Balai Kota Medan hingga gedung baru kantor walikota usai dibangun.
 
Setelah itu bangunan ini sempat terlantar dan tidak terurus. Hingga satu dekade kemudian ada invenstor tertarik membangun hotel di belakang gedung balai kota ini dan gedung balai kota pun dijadikan kafetaria.
 
Selain itu, Gedung Balai Kota Medan juga banyak diminati pengunjung untuk berswafoto. Ya, Gedung Balai Kota Medan itu menambah jumlah lokasi spot foto untuk para wisatawan.
 
Sumber : detik.com

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual