Berita Terbaru

"Kantor Pos Medan" Menangi Lomba Foto

oto Wisata Sejarah Kantor Pos di Kota Medan yang multi kultural karya Supratikno dan Foto Selamat Datang di Little India karya Siti Hafizhah Siregar terpilih menjadi yang terbaik dalam Lomba dan pameran Foto Pariwisata yang digelar Dinas Pariwisata Kota Medan bekerja sama dengan Anak Deli Organizer sejak 3 November 2018 hingga 2 Desember 2018.



Pada pengumuman sekaligus penutupan lomba yang dilaksanakan di Taman Sri Deli, Jalan SM Raja Medan, Minggu (2/12), selain dua foto yang terpilih sebagai yang terbaik, dewan juri yang terdiri dari, Rahmad Suryadi, CH Susilo Sakeh, Indra Gunawan, Binsar Bakara dan Dr Leylia Khairani juga menetapkan beberapa foto lain sebagai penerima hadiah.

 

i acara yang ditutup Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution Msi, ini Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono dalam laporannya menjelaskan kegiatan lomba dan pameran foto pariwisata Kota Medan ini diadakan sebagai salah satu sarana mempromosikan pariwisata Kota Medan yang dikenal multi kultural.

"Kegiatan ini kita adakan untuk meningkatkan kreatifitas warga dalam bidang fotografi, dan juga sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan Pariwisata Kota Medan," ujarnya.

Selain itu, Agus juga menjelaskan Panitia Pameran dan Lomba fotografi, dibagi kedalam dua kategori yakni kategori esai dan kategori foto tunggal.

Kategori foto esai menyasar untuk kalangan jurnalis dan profesional. Sedangkan kategori foto tunggal menyasar kepada pelajar SMP dan SMA.

Agus Juga menjelaskan dalam penyelenggaraan kegiatan ini pihaknya juga sudah menggelar Coaching Clinic, di awal pembukaan kegiatan, dan para peserta terakhir bisa mengirimkan fotonya pada 24 November lalu dan penjurian pada 29 November 2018 kemarin.

Sementara itu, Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution Msi, dalam sambutannya sekaligus menutup kegiatan Lomba dan Pameran Foto Pariwisata Kota Medan ini mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah even yang strategis untuk mendorong para kreator fotografi di Kota Medan untuk bisa mengeksplor berbagai pariwisata di Kota Medan.

"Untuk itu, kita mengharapkan di tahun depan, lebih banyak lagi objek yang bisa ditonjolkan dari sekarang. Masih belum terlihat ada foto yang mengangkat kuliner Kota Medan yang kita ketahui sangat dikenal di Indonesia," harapnya.



Terakhir Akhyar menegaskan, kegiatan ini juga sebagai bentuk dorongan kepada semua warga untuk bangga menjadi Orang Medan.

Adapun para pemenang dalam lomba ini, untuk katergori Esai, foto terbaik kedua jatuh pada Ahmad Ridwan Nasution dengan foto Museum PTPN II, terbaik ketiga jatuh pada Hendra Syamhari dengan foto Mesjid Al-Osmani, terbaik keempat jatuh pada Kadri Boy Tarigan dengan foto Little India di Medan, terbaik kelima jatuh pada Danil Siregar yang mengambil tema Taman Buaya Asam Kumbang, serta Ferdi Siregar dengan karya foto, Taman Cadika Kota Medan.

Selain enam karya terbaik, kategori esai juga memilih empat karya terbaik milik, Juan Herbert Girsang, Ariandi, Kadri Boy Tarigan dan Rizki Cahyadi.

Sedangkan untuk foto tunggal, setelah foto karya Siti Hafizhah Siregar, foto Mesjid Raya Al-Mahsun karya Juanda M Arvis terpilih sebagai terbaik kedua dan foto Graha Annai Velangkani karya Nadia Safira Dalimunthe terpilih sebagai terbaik ketiga.

Adapun selain tiga foto terbaik, dewan juri juga memilih 10 foto favorit, masing-masing milik Jefri Nathanel, Siti Hafhizah Siregar, Jasmine Anastasya Widi, Nadia Safira Dalimunthe, Rahmad Syahputra, Marcelino Jedis, Ragilita Firdausy dan Manissa.

Para peserta yang berhasil menjadi yang terbaik dan favorit sendiri akan mendapatkan hadiah, untuk kategori esai, hadiah juara I Rp10 juta, juara II Rp7 juta dan juara III Rp5 juta. Sedangkan hadiah harapan I, Rp3 juta, harapan II, Rp2 juta dan harapan III, Rp1 juta. Untuk 4 juara favorit, masing-masing akan mendapatkan hadiah Rp500 ribu. Seluruh pemenang juga akan mendapatkan trophy dan sertifikat.

Adapun hadiah untuk kategori foto tunggal, hadiah juara I, Rp5 juta, juara II, Rp3 juta dan juara III, Rp2 juta, serta 10 juara favorit akan mendapatkan hadiah, masing-masing Rp500 ribu. Para pemenang kategori foto tunggal juga akan mendapatkan trophy dan sertifikat. (Tim Media Dinas Pariwisata)

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual