Berita Terbaru

Wisata Sejarah Kantor Pos di Kota Medan Yang Multikultural

 

Bagi Anda yang sedang berada di Sumatera Utara khususnya kota Medan, tidaklah lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Kantor Pos Medan.Gedung Kantor Pos Medan didirikan oleh pemerintahan kolonial Belanda pada masa kepemimpinan Residen J. Ballot yang berkantor disekitar Lapangan Merdeka Medan. Bangunan Kantor Pos Medan dibangun sejak tahun 1909 hingga tahun 1911, dibuktikan adanya tulisan pada bagian dinding luar bangunan kantor pos dengan ukiran “ANNO 1911” diambil dari Bahasa Belanda yang berarti “Tahun 1911”. 

Bangunan kokoh ini berada di sebelah kiri Merdeka Walk, tepatnya di depan Hotel Inna Dharma Deli yang dahulu merupakan Hotel De Boer, dan menghadap menyamping ke arah bekas bangunan Javasche Bank (kini Bank Indonesia) yang berdiri di samping gedung Balai Kota lama. Javasche Bank merupakan bank cabang milik Belanda di Jawa yang digunakan untuk mensosialisasikan mata uang Gulden milik Belanda. Sementara daerah sekitar Lapangan Merdeka (yang dahulu disebut Esplanade, bahasa Belanda, yang berarti lapangan terbuka). Areal bangunan Kantor pos Medan memiliki luas sekitar 1200 meter persegi, dengan tinggi mencapai 20 meter diarsiteki oleh seorang arsitek asal Belanda yaitu Ir. S. Snuyf dari BOW (Burgelijke Openbare Werken) atau dinas pekerjaan umum pemerintah Hindia Belanda untuk Indonesia pada masa itu.Gedung ini dibangun dengan desain gaya arsitektur Eropa tua yang memiliki ciri khas tersendiri terlihat dari eksterior dan interior bangunannya.Terletak di jantung kota, lokasi Kantor Pos Medan hanya berjarak 350 meter dari Stasiun Besar Kereta Api Medan atau 5 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki.Gedung Kantor Pos Medan merupakan satu dari sekian banyak bangunan heritage di Kota Medan dengan nilai-nilai arsitektur tinggi yang sangat menarik. Ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (CBC) berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2010 dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012,  gedung Kantor Pos Medan telah menjadi bangunan bersejarah.

   

Menurut Bapak Junaidi Abdillah selaku Human Capital Supervisior bahwa seluruh ruang gedung Kantor Pos Medan masih dalam kondisi baik dan beroperasional sesuai dengan fungsinya dan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat umum yang ingin menggunakan jasa layanan Kantor Pos. Hingga saat ini renovasi untuk pemeliharaan seluruh area gedung Kantor Pos masih terus dilakukan  tanpa merubah wujud aslinya.

Hal tersebut terus dilakukan sebagai wujud dan kepedulian dalam upaya pelestarian atau konservasi warisan sejarah (heritage).Selain melihat  langsung megahnya Kantor Pos Medan, para wisatawan juga dapat sekedar memotret atau hangout bareng teman-teman  komunitas untuk kemudian foto bersama  dengan latar belakang Kantor Pos Medan yang megah, terutama pada setiap hari Minggu pagi yang bertepatan dengan momen Car Free Day (CFD), sebuah acara yang rutin digelar oleh Pemerintah Kota Medan sebagai sarana olahraga dan ajang silaturahmi masyarakat Kota Medan. Kantor Pos Medan juga secara tidak langsung menjadi simbol pemersatu masyarakat yang terkenal akan keanekaragaman etnis serta budayanya.

Kantor Pos Medan hanya merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan warisan bersejarah di kota Medan yang tidak kalah indah dan megahnya dengan bangunan heritage lainnya di Indonesia, diharapkan tingkat kepedulian yang tinggi baik dari  pemerintah, pengusaha  dan masyarakat untuk bersinergi dalam upaya menjaga  kelestarian atau konservasi terhadap benda ataupun warisan bersejarah (heritage) di Kota Medan.

Antara lain dengan cara memberikan himbauan kepada masyarakat lewat iklan layanan masyarakat atau papan reklame untuk tidak melakukan vandalisme dan senantiasa menjaga kebersihan serta sama-sama melestarikan warisan bersejarah agar tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

 Unit kendaraan roda 2 dan roda 4 sebagai sarana trasportasi untuk mendukung operasional Kantor Pos Medan dalam melayani pelanggan.

 Para petugas sedang melayani para pelanggan yang ingin menggunakan jasa Kantor Pos Medan.

 

 

Kantor Pos Medan berdampingan dengan bangunan gedung-gedung megah lainnya

Sarana informasi singkat bagi para pengunjung akan sejarah Kantor Pos Medan

Aktifitas masyarakat baik yang sedang berolahraga, berwisata, silaturahmi antar sesama komunitaas maupun hanya sekedar bernostalgia pada saat Car Free Day yang rutin digelar oleh Pemko Medan setiap Minggu Pagi.

Sejumlah anak remaja sedang melakukan swafoto dengan latar belakang Kantor Pos Medan

 

Renovasi pada salah satu bagian gedung kantor pos yang rusak sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian gedung bersejarah.

 

*Artikel ini merupakan pemenang Lomba Fotografi Objek dan Daya Tarik Wisata Kota Medan Tahun 2018 sebagai Juara I - Kategori Essai

Teks & Foto oleh : Supratikno

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual