Berita Terbaru

Kantor Pos Besar Medan, Wisata Heritage Yang Wajib Dikunjungi

Wisata heritage, Kota Medan tempatnya. Sejumlah bangunan bersejarah yang berusia ratusan tahun masih banyak berdiri tegak di Kota Medan. Salah satunya Kantor Pos Besar Medan, Jalan Pos, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.
 
Bangunan seluas 1.200 meter persegi dengan lebar 20 meter dan panjang 60 meter serta tinggi mencapai 20 meter ini dibangun pada tahun 1909 dan selesai dibangun pada tahun 1911 yang dirancang oleh arsitek Ir. Simon Snuyf dari Burgelijke Openbare Werken (BOW) atau Jawatan Pekerjaan Umum Pemerintah Hindia Belanda.
 
Kantor Pos Besar Medan
Kantor Pos Besar Medan
Gedung Kantor Pos Besar memiliki gaya arsitektur transisi, yang ditandai dengan adanya menara berbentuk segi enam di bagian depan dan terdapat lengkungan yang dihiasi oleh sejumlah kaca patri untuk mempengaruhi kualitas pencahayaan di dalam gedung tersebut. 
 
Selain itu, atap pada bangunan ini terdiri atas dua jenis, yaitu atap lokal dengan bentuk segi enam yang menyatu dengan tower dan dilengkapi dengan dormer dan atap dengan jenis gevel pada atap yang menghadap ke sisi lain. Kedua jenis atap ini mengadopsi ciri arsitektural kolonial yang berakulturasi dengan unsur lokal.
 
Kini, Kantor Pos Besar Medan telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) berdasarkan Undang-undang Cagar Budaya Nomor 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012.
 
Keaslian arsitekturnya yang masih tetap dipertahankan sampai saat ini membuatnya banyak dijadikan sebagai spot foto oleh masyarakat lokal dan bahkan wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Medan.
 
Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan, Rahmad Suryadi menjelaskan spot foto yang bagus sangat dibutuhkan untuk mengangkat branding sebuah kota. 
 
Di Kota Medan, ada banyak spot foto menarik, diantaranya sejumlah bangunan bersejarah seperti Kantor Pos Besar Medan.
 
"Makanya, tidak heran bila ada banyak orang yang berselfie di Kantor Pos Besar Medan, karena memang backgroundnya sangat bagus dan ini bisa meningkatkan daya tarik wisatawan ke Medan," ungkapnya. (Tim Media Dinas Pariwisata)

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Mobile App