Berita Terbaru

Taman Sri Deli Bekas Tempat "Nongkrong" Raja

Berbanggalah anda yang sering nongkrong di Taman Sri Deli, Medan. Sebab, Taman Sri Deli dulunya merupakan tepat bersantainya Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah beserta keluarga.

Taman Sri Deli yang dulunya bernama Derikanpark merupakan salah satu taman yang dibangun pada 1924 atas perintah Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah, Sultan Deli sendiri.

 

Taman ini dibangun oleh arsitek berkebangsaan Italia dengan menerapkan perpaduan arsitektur Turki, India dan Mesir.

 

Menurut catatan Ichwan Azhari, taman tersebut merupakan karya arsitek berkelas dunia pada zamannya. Ichwan juga menilai taman ini memperlihatkan karakter internasional Kota Medan sejak zaman dulu. Bahkan berdasarkan landscape -nya atau pembangunan awalnya, taman tersebut sangat indah.

"Pada saat dibangun, taman tersebut dibangun secara satu kesatuan dengan perumahan keluarga dan kerabat kesultanan Deli yang berada di bagian depannya," papar Kepala Pusis UNIMED, Dr Phil Ichwan Azhari seperti dikutip dari detik.com.

Sama seperti fungsinya dulu, kini Taman Sri Deli, Medan juga difungsikan sebagai taman kota yang dibuka untuk umum.

Lokasinya yang sangat strategis karena berdekatan dengan Mesjid Raya Medan dan Istana Maimun membuatnya sebagai salah satu destinasi wisata kota yang banyak dikunjungi warga Kota Medan, wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Di saat sore hari, tidak sedikit warga yang menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman di Taman Sri Deli, Medan seluas 14.884 m2 itu. Maklum saja, selain lokasinya yang luas, Taman Sri Deli juga memiliki kolam buatan yang menambah keasrian taman tersebut.

Di Taman Sri Deli juga disediakan beberapa wahana permainan anak seperti seluncuran dan lainnya.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Medan telah memperindah Taman Sri Deli dan di sekitarnya telah dijadikan kawasan pedestrian yang nyaman bagi para pejalan kaki.

"Enaknya di Taman Sri Deli, pengunjungnya gak dikutip bayaran. Anak-anak bisa sepuasnya main disini. Yang dewasa, pun bisa sepuasnya selfie, karena lokasinya sangat bagus untuk selfie," papar salah seorang pengunjung Taman Sri Deli, Hardian Siregar. (Tim Media Dinas Pariwisata)

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Medan Virtual