Berita Terbaru

Belajar Sejarah di Museum Perkebunan

 

Berwisata ke Medan, jangan lupa singgahi museum yang satu ini. Isinya tentang seluk-beluk perkebunan Indonesia!

Dari zaman dahulu Sumatera Utara dikenal sebagai salah satu sentra penghasil perkebunan di Indonesia terutama tembakau. Bahkan perkebunan tembakau ini dikenal sebagai penghasil pembungkus cerutu terbaik di dunia pada masa kolonialisme. Oleh karena itu, di sini pun terdapat satu museum perkebunan yang bernama Museum Perkebunan Indonesia.

Museum Perkebunan Indonesia ini berada di jalan Brigjend Katamso No. 53, Kota Medan. Diresmikan pada tanggal 10 Desember 2016 atas inisiatif seorang tokoh perkebunan nasional yaitu Soedjai Kartasasmita yang menyatakan bahwa Indonesia seharusnya memiliki sebuah museum yang membahas tentang perkebunan.

Museum ini menggunakan sebuah bangunan tua peninggalan kolonial Belanda yang bernama Gedung Avros. Avros ini adalah singkatan dari Algemeene Vereeniging van Rubberplanters ter Ooskust van Sumatera dan merupakan sebuah organisasi perkebunan karet di Sumatera Timur yang berdiri pada tahun 1911.

Masuk ke dalam museum ini kita bakal mengetahui lebih lanjut sejarah dan seluk beluk perkebunan di Indonesia. Kita dapat langsung mencoba bagaimana caranya memasak dan membentuk coklat, tidak hanya itu di ruangan museum terdapat banyak papan informasi tentang perkebunan, diorama seorang ibu yang sedang memilih tembakau, serta alat-alat yang digunakan pada zaman dahulu kala ada di museum ini.

Di bagian halaman ini juga ada transportasi perkebunan yang dulu pernah digunakan. Diantaranya adalah sebuah pesawat yang dulu berfungsi untuk menyiram tanaman tembakau dan kereta uapyang berfungsi untuk mengangkut hasil perkebunan dari perkebunan ke pabrik.

Museum Perkebunan Indonesia dibuka setiap hari Selasa-Minggu mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB. Tiket masuknya sendiri adalah Rp. 8000 bagi wisatawan lokal dan Rp. 25.000 bagi wisatawan asing. Sedangkan untuk rombongan hanya membayar Rp. 5000 saja perorangnya.

 

Belajar sejarah sejak usia dini, agar masa depan Indonesia tahu bahwa Perkebunan Indonesia berjaya dan mendunia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik dan menjadi negara keempat dengan produksi kopi terbanyak.

 

Museum Perkebunan Indonesia diresmikan pada tanggal 10 Desember 2016 atas inisiatif seorang tokoh perkebunan nasional yaitu Soedjai Kartasasmita.

 

Di dalam museum ini juga banyak terdapat papan informasi mengenai produk serta sejarah perkebunan di Indonesia.

 

Berbagai peninggalan perkebunan zaman dahulu ada di museum ini, alat transportasi pesawat ini digunakan untuk menyiram tanaman tembakau.

 

Daun Tembakau Deli banyak digunakan di negara-negara penghasil cerutu, salah satunya Kuba, Tembakau Deli ini digunakan sebagai pembalut luar cerutu.

 

Transportasi zaman dahulu juga cukup lengkap, ada pesawat serta kereta uap.

 

Tidak hanya melihat benda peninggalan, pengunjung juga dapat langsung mencoba bagaimana caranya membentuk sebuah coklat.

 

*Artikel ini merupakan pemenang Lomba Fotografi Objek dan Daya Tarik Wisata Kota Medan Tahun 2018 sebagai Juara II - Kategori Essai

Teks & Foto oleh : Ahmad Ridwan Nasution

Keramah-tamahan dan senyum terbaik dalam menyambut wisatawan berharap dapat membuat anda selalu mengingat kota Medan yang kaya akan budaya.

--  Drs. Agus Suriyono --

 Kepala DISPAR kota Medan

Sosial Media

Mobile App